Sejarah KaLAM

Keluarga Muslim Cendekia Medika FK UGM atau biasa disebut KaLAM FK UGM berdiri secara resmi pada tanggal 11 Juni 2000 (9 Rabi’ul Awwal 1421 H). Dahulunya, KaLAM merupakan bagian kerohanian Islam BEM FK UGM. Namun sekarang berubah status menjadi Badan Semi Otonom (BSO) Keluarga Mahasiswa FK UGM.

Dahulu penggerak KaLAM sangatlah sedikit, bahkan hanya beberapa orang saja yang mendaftar sebagai staff. Akan tetapi lambat laun, atas perjuangan dan pengorbanan para pendahulu, KaLAM dapat memberikan kesan bahwa KaLAM juga merupakan salah satu organisasi besari di FK.

Sebelumnya, KaLAM tidak punya sekretariat resmi dalam menjalankan aktivitas lembaganya. Namun mulai kepengurusan tahun 2005, Alhamdulillah KaLAM telah memiliki Sekretariat tetap di ruang barat lantai 2 Masjid Ibnu Sina FK UGM.

Seiring berjalannya waktu, banyak perubahan pada struktur organisasi KaLAM FK UGM yang disesuaikan dengan kondisi lahan dakwah di FK UGM pada tahun kepengurusan masing-masing.  Misalnya yaitu adanya Sekretaris Umum yang sebelumnya digabung dengan Sekretaris Jenderal maupun Bendahara, pembagian bidang Jaringan menjadi bidang Jaringan dan bidang Media Opini, perubahan nama bidang Media  Opini menjadi bidang Publikasi dan Media, penempatan Badan Khusus Mentoring ke dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) KaLAM, melopori pembentukan Badan Khusus Akademik, dsb.

Semoga ke depannya, KaLAM bisa terus berkembang dan terus memberikan manfaat kepada masyarakat umum, khususnya muslim Fakultas Kedokteran UGM, serta dapat menegakkan agama Islam di atas ajaran Al-Quran dan As-Sunnah.

 

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan,  menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS Ali Imran : 104)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *