KaLAM Words

Pentingnya Mencatat Ilmu dalam Majelis Ilmu

Image_64436d9

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Assalamu’alaykum saudaraku, sahabat-sahabatku yang insya Allah senantiasa dipayungi barokah oleh Yang Maha Pengasih.

Bagaimana kabar kalian? Sedang sibuk apa? Kuliah? Praktikum? Jangan lupa jaga kesehatan yaa..

الْعِلْمُ صَيْدٌ وَالْكِتَابَةُ قَيْدُهُ قَيِّدْ صُيُوْدَكَ بِالْحِبَالِ الْوَاثِقَهْ فَمِنَ الْحَمَاقَةِ أَنْ تَصِيْدَ غَزَالَةً وَتَتْرُكَهَا بَيْنَ الْخَلاَئِقِ طَالِقَهْ read more

Andai Tuhan Punya Surel

Andai Tuhan punya surel, akan kutuliskan berbait-bait surat padaNya setiap hari.

Andai Tuhan punya surel, akan kubagikan cerita tentangku padaNya di setiap penghujung hari. Andai Tuhan punya surel, akan kuceritakan padaNya beban-bebanku, keluh kesahku, memar dan lebam di hatiku, hingga habis tak bersisa semuanya.

Andai saja Tuhan punya surel, akan kusisihkan barang satu jam untuk mengetuk kotak-kotak keyboardku, meluapkan semua perasaanku, hingga habis air mataku.

Andai, andai, Tuhan punya surel. Tapi Tuhan tak punya surel, Tuhan tak perlu surel. read more

Reseptor Nyeri Pada Kulit Disebutkan di Dalam Al-Qur’an

Pernah nggak sih kalian jatuh, lalu merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh yang terluka? 😿

Sebenernya untuk apa sih ada sensasi nyeri? Lalu, apakah benar Allah sudah menyebutkannya di dalam Al-Qur’an? 😕

Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut, kenalan dulu yuk sama sensasi nyeri itu sendiri.

Rasa atau sensasi nyeri dihasilkan dari komunikasi antar sel saraf di otak, medulla spinalis, dan tempat lain pada tubuh.

Ketika seseorang mengalami luka, jaringan yang rusak mengeluarkan zat kimiawi seperti prostaglandin, kinin, dan ion Kalium yang akan menstimulus reseptor nyeri (nociceptor). Lalu, nociceptor mengirimkan sinyal listrik (impuls) ke medulla spinalis melalui saraf sensoris. read more

SELAMAT MENEMPUH SEMESTER BARU !

Assalamu’alaikum sahabat!

Hari ini, bagi sebagian besar mahasiswa UGM, merupakan hari terakhir masa-masa liburan (harusnya sudah kemarin, karena hari ini tanggal merah, jadi bonus libur bertambah sehari hehe).

Bagaimana kabar kalian? Sudah siapkah menyongsong semester baru? Semoga selalu siap ya, sahabat! 😊

Nah, kali ini KaLAM akan memberi beberapa wejangan ke sahabat semua nih, untuk persiapan memasuki semester baru. Tolong disimak baik-baik yaa.

1. Jaga Kesehatan
Hmm.. musimnya lagi labil nih. Kadang mendung gelap, kadang terang benderang. Kadang hujan, kadang tidak. Yah, musim peralihan, alias musim pancaroba. Karena musim yang labil ini, yuk stabilkan kesehatan kita dengan pola hidup sehat. Kondisi tubuh yang fit, akan sangat membantu untuk tampil prima pada semester baru ini. read more

Homeostasis (Part 2)

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (Q.S. Al Qashash: 77)

Nah ini nih 3 kebutuhan mendasar yang manusia butuhkan dalam ilmu keseimbangan yang sedang kita bahas. read more

Homeostasis (Part 1)

” …Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang.  Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?” (Q.S. Al Mulk: 3)

Sama seperti sebuah rumah yang memiliki pondasi sebagai dasar, dunia medis juga memiliki beberapa konsep dasar, misalnya konsep ‘homeostasis’. Konsep ‘homeostasis’ ini berarti semua hal harus berada dalam takaran yang seimbang pada tempatnya masing-masing.

Lalu, tahukah kalian?

Bahkan ternyata konsumsi air putih yang terlalu berlebihan secara klinis dikenal sebagai intoksikasi air. Bahasa mudahnya adalah keracunan air. read more

Balada Titip Absen (Part 2)

Baik bagi yang meminta dan memberi kesaksian palsu, maka derajatnya adalah sama. Lantas, apakah titip absen adalah salah satu bentuk kesaksian palsu?

Jawabannya: BISA IYA, BISA TIDAK

Dalam bentuk hitam di atas putih, kehadiran dalam kuliah umum diwakilkan oleh tanda tangan.

Terkadang, kuliah umum dibawakan dalam dua waktu untuk dua kelompok yang berbeda, kelompok I dan kelompok II. Jika seseorang seharusnya termasuk dalam kelompok I, dan ia “pindah” mengikuti kuliah umum di kelompok II karena suatu alasan, sedangkan ia tidak dapat memberikan tanda tangan karena memang namanya tidak tercantum di kelompok II. read more

Balada Titip Absen (Part 1)

“Duh aku baru bangun, TA lecture jam 7 ya, thankies bro.”

“Aku kemarin udah ikut lecture II, TA ya yang nanti.”

Dahulu kala, semua penuntut ilmu hidup dengan damai. Pada saat itu, kelas pukul 07.00 ramai didatangi tanpa keluh kesah. Bahkan, tetap ridha jika ada tambahan jam pelajaran ke-0 yang dimulai pukul 06.30.

Tapi, semua berubah ketika negara api menyerang.

Kelas pagi, tepat pukul 07.00, berubah status menjadi kelas terhoror abad ini. Ini merupakan latar belakang dari begitu memahasiswanya istilah ‘titip absen’ yang lebih praktis disebut sebagai ‘TA’. read more

Do You Want to Be That Lame Victim?

Sometimes– or way too many times, we see the phenomenon of nowadays muslim teenagers rolling around indulging themselves in a bag of excuses.

“I can’t do that, that’s too hard for me, I have my own personal issues to settle first.”

“You see, I have this personal matter that interferes in my way to becoming a good muslim.”

“My family is not even religious, so why should I be?”

“Stop preaching and shut up! If you care about the ummah then you should understand I have mental problems that can’t be cured by your nonsenses!” read more

Isra’ Mi’raj : A Journey at The Speed of Light (Part 4)

#4 The Science, the Wonder: Conclusion

Alhamdulillah, sekarang kita sudah mengetahui setidaknya 6 aspek sains dari peristiwa Isra’ Mi’raj. Kesimpulannya?

Allahu akbar, Allahu ‘alam.

Kita bisa berspekulasi dengan teori diatas bahwa setelah Allah berucap kun fayakun, Rasulullah saw dikeluarkan dari Medan Higgs, dihilangkan partikel Higgsnya, sehingga beratnya mencapai berat photon kemudian beliau saw bisa berjalan beriringan dengan Jibril as.

Kita bisa berfikir bahwa dengan teori diatas bahwa kendaraan beliau saat itu yang bernama Buraq adalah penghilang materi Higgs itu sehingga akhirnya perjalanan milyaran tahun terjadi dalam hitungan detik. read more