Cerita KaLAM! – Ya Allah Aku Ingin Hijrah

Ya Allah Aku Ingin Hijrah

 

Yaa dua tahun lalu, mungkin rasanya aneh jika menceritakan kisah yang rasanya sudah tidak perlu dibahas lagi karena kalau dibahas isinya akan sama saja dengan kisah yang lain. Jadul. Ya, begitu mungkin bisa disebut. Namun enggan rasanya bibir ini kalau tak menceritakan kisah yang bagiku sangat bermakna dan inspiratif untuk diriku sendiri. Bahkan aku tak pernah membayangkan akan sampai di titik ini sekarang.

Sebagian besar orang pasti akan menilai seperti apa kita sekarang, tapi Allah tak pernah hanya melihat hasilnya. Dia tahu semuanya dari awal prosesmu hingga sampai di tahap ini.

Walau mungkin orang lain mengatakannya “cupu”. Walaupun orang yang mestinya menghormatimu mengatakan “kok .., kok.. mestinya kan..” Ya wajar sih, karena Allah sudah berfirman jangan pernah gantungkan harapanmu pada manusia, ujung-ujungnya pasti ada saja rasa kecewa yang Allah beri supaya kita sadar dan kembali lagi bahwa Allahlah tempat terpantas kita menggantungkan harapan.

 

Diawali dari kegiatan SiMaBanya KaLAM ya. Rasanya itu momen yang sangat pas karena waktu itu aku merasakan kesejukan yang sangat dalam bahkan ketika kali pertama melangkah memasuki ruang auditorium FK.

Hanya musik Maher Zain sih yang di putar dan sudah sering kudengar juga. Namun entah, rasanya sangat menyejukkan jika memang itu dinaungi sayap-sayap malaikat.Saat itu awal kita saling mengenal dan lagi semangat-semangatnya dapet teman nih.

Waktu itu lagi, di akhir sesi dari kakak-kakak PH KaLAM membacakan ikrar yang kita sepakati bersama bahwa kita akan saling menjaga dalam dekapan ukuwah. Waktu itu lagi lagi aku hanya terharu dan menangis karena seumur hidup hati ini tak pernah tersentuh dengan lantunan ikrar nan mendalam seperti itu.

 

Ya Allah aku ingin hijrah! Tempatkanlah aku di UGM dan mudahkanlah langkahku! Amin.

 

Aku tak pernah meminta lebih, bahkan aku tak tahu apa yang harusnya kuminta. Hanya doa semacam itu yang selalu kupanjatkan ketika waktu itu aku harus berjuang untuk SBMPTN mengejar kampus impianku, UGM. Lebih dari kata bimbang aku harus memilih jurusan apa, lalu kupilih saja secara acak dengan izin dari kedua orangtuaku yang bahkan tak pernah terlintas di pikiran, tak pernah tersampaikan di lisan, tak pernah kuminta sama sekali.

 

Ya Allah aku ingin hijrah! Tempatkanlah aku di UGM dan mudahkanlah langkahku! Amin.

 

Hanya ini yang aku minta. Yakin! Allah menjawab semuanya. Kini aku ditempatkan dalam ukhuwah yang mengikat tak berujung penuh cinta karena Allah. Orang-orang di FK UGM menyebutnya, KaLAM. Tapi aku lebih suka menyebutnya rumah.

Rumah di mana aku bisa bersembunyi saat banyak proker mengejar, di mana aku bisa bersandar saat kaki lemah, di mana ada banyak kotak tisue saat air mata tak terbendung. Bahkan jika ditanya, ukuwah ini siapa yang minta? Kita saling dekat karena apa ya? Bahkan aku tak pernah mencoba menjadi orang baik di depan mereka, anggota KaLAM. Aku hanya mencoba menunjukkan bahwa aku butuh tempat yang bisa membidikkan anak panahnya tepat pada tujuan hijrahku.

Rumah ini tak pernah kosong, selalu ramai dengan semua gurauan yang tak kasat mata di depan kalian. Rumah ini selalu bersih dengan banyaknya usapan ilmu yang tak berani kami pamerkan. Rumah ini takkan kunjung kering karena tetesan keringat perjuangan dakwah selalu mengalir.

Di sisi lain kadang mungkin kami terlihat berbeda dan “ekslusif”, tapi percayalah kami yang seperti ini bukan kami yang sempurna dengan kesucian tanpa noda. Tapi kami makhluk yang mencoba menutup noda dosa kami dengan cara yang sempurna.

Hijrah ini akan terus berlanjut hingga Allah katakan saatnya pulang, bukan ke rumah di mana kalian sebagai pejuang dakwah dan hijrah. Tapi rumah tempat kita istirahat dari dunia ini. Surga.

Ya Allah aku mencintai mereka karena-Mu, maka sampaikanlah perjumpaan kami abadi dalam Surgamu.

 

Dibuat dengan tetesan air mata di Yogyakarta, 28 September 2017

 

Dari :

IJPD

 

 

 

KaLAM FK UGM 1438 H

|Sahabat dalam Kebaikan|

 

📬Email: kalam.ugm@gmail.com

👥FP: facebook.com/kalamfkugm

📱Line: @pcg1356f

🔔Twitter: @kalamfkugm

🗼Instagram : @kalamfkugm

📺YouTube: KaLAM FK UGM

🌍Website: kalam.fk.ugm.ac.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *