Cerita KaLAM! – Homeostasis

 Homeostasis 

 

Adzan subuh di setiap pagi dan setiap hari adalah awal dimana rutinitasku dimulai. Beranjak dari tempat tidur untuk melangkah ke kamar mandi. Shalat subuh lalu dilanjut makan dan bersiap diri.

Berlangsung hari demi hari, hingga berganti minggu dan bulan. Rutinitas yang mana adalah tujuanku merantau ke Yogya. Ya, apalagi kalau bukan “kuliah”.

Kata orang di seluruh dunia, kuliah itu menuntut ilmu. Mau yang bilang orang Eropa, China, Brazil, Jerman ataupun Ethiophia. Ya…. memang iya. Tapi ada hal yang aku tak mengerti. Kenapa aku sering merasa kering dalam menjalaninya ? Kosong ? Dan semakin lama semakin kelelahan ? Bukankah ilmu itu sebuah “kekuatan” ? Kenapa aku tak merasakan kekuatannya ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut terus menyerang pikiran. Hingga akhirnya Allah mempertemukanku dengan jawabannya. Simple. Hanya satu kata. KaLAM.

 

Ya. KaLAM. Hanya sebuah organisasi mahasiswa muslim Fakultas Kedokteran UGM.

 

Cuma seperti ROHIS di SMA tapi kenapa bisa KaLAM menjadi jawaban keringnya kuliahku ? Jawabannya ternyata ada di dalam diri kita sendiri. Dari unsur apa saja manusia tersusun ? BADAN, PIKIRAN, dan JIWA.

Untuk bertahan hidup, apa yang kamu butuhkan untuk badanmu ? Makan. Untuk pikiranmu ? Ilmu. Untuk jiwamu ? KaLAM jawabannya.

“….Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

(QS. Ar-Ra’d: Ayat 28)

Ketika berada di KaLAM, aku semakin mengenal Allah, mengenal islam, dan mengenal ketenteraman. Dan sejatinya ketenteraman dan ketenangan itulah yang kita cari selama ini.

————————————————————————————————————————————

Ketika salah satu dari unsur tersebut tidak tercukupi, gangguan homeostasis lah konsekuensinya.

 

Dari :

Muhammad Mukhlasin Fatani

Gizi Kesehatan 2016

 

 

KaLAM FK UGM 1438 H

|Sahabat dalam Kebaikan|

 

📬Email: kalam.ugm@gmail.com

👥FP: facebook.com/kalamfkugm

📱Line: @pcg1356f

🔔Twitter: @kalamfkugm

🗼Instagram : @kalamfkugm

📺YouTube: KaLAM FK UGM

🌍Website: kalam.fk.ugm.ac.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *