[Tips Menjalankan Puasa di tengah Kesibukan Kuliah]

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh 😊
Apa kabar saudara-saudari seiman?
Lagi pada sibuk ngapain  nih teman-teman??
Persiapan CBT? Belajar UAS? Belajar OSCE? Ngerjain tugas dan ngelaprak? Sibuk ngurusin organisasi? Atau.. syuro sana sini??
Hingga jika malam tiba… udah capek dan rasanya pengen tidur..  belum lagi rasa malas yang kerapkali menyurutkan semangat
Targetan amalan selama bulan Ramadhan yang pernah disusun pun berlalu begitu saja.

Hmm.. Apa sih tipsnya menjalanakan puasa di tengah-tengah kesibukan kuliah dan organisasi?

kuy simak tips berikut ini!

👉 Mengucapkan Bismillah dalam segala hal
Jangan lupa mengucapkan bismillah ketika mau melakukan sesuatu, agar pekerjaan kita berkah dan bernilai ibadah, juga hanya mengharap Ridho-Nya.

👉 Pandai mencuri-curi waktu
Nah.. di tengah kesibukan pasti ada sedikit waktu yang bisa kita manfaatkan sebaik mungkin, misalnya, berdzikir saat menunggu sesuatu. Sekecil apapun kesempatan itu, usahakan berdzikir dengan khusyuk kepada Allah.

👉 Mendengarkan Murottal Al Quran
Mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran adalah salah satu trik untuk mengingat Allah sepanjang waktu. Kita bisa mengunduh murottal dengan berbagai macam Qari di Playstore. Selain itu, mendengarkan murattal juga bisa jadi sarana me-murajaah ataupun menghafal Al Quran.

👉 Tidur Lebih Cepat, Bangun Lebih Cepat
Saat berpuasa, kita harus bangun jauh lebih cepat dari biasanya karena harus sahur. Nah, agar kita tidak susah bangun saat sahur dan tidak terjebak bermalas-malasan setelah sahur, sebaiknya kita tidur lebih awal setelah sholat tarawih.

👉 Tetapkan Target yang Tinggi Agar Banyak Kesibukan Selama Ramadhan
Salah satu cara untuk menghindarkan diri dari kemalasan adalah mendekatkan diri pada kesibukan. Jadi, padatkan sebisa mungkin schedule kamu di Ramadhan kali ini dengan aktivitas atau dengan ibadah. Mulai dari selepas sahur, pagi hari, siang sampai sore hari.

👉 Jauhkan Diri Dari Hal yang Menyebabkan Kemalasan
Agar kita lebih patuh pada schedule yang sudah kita tentukan, pastikan kita menjauhkan diri dari hal-hal yang menyebabkan kemalasan seperti TV, sosial media, games atau mungkin kasur 😆 .

👉 Jaga Konsistensi Dalam Melakukan Ibadah
Seringkali ibadah yang dilakukan lebih banyak di awal bulan Ramadhan dan semakin menurun dari hari ke hari. Makanya, tetapkan kedisiplinan di dalam diri agar terus menjaga konsistensi ibadah, menjaga sholat awal waktu, menjaga tadarus, menjaga sholat tarawih dan ibadah lainnya.

👉 Makan Sehat
Makanan juga bisa berpengaruh pada kemalasan dan kekurangan energi yang kita rasakan di siang hari. Perbanyak makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti sumber protein (telur dan daging), buah-buahan, sayuran, kurma, susu, yoghurt dan minuman yang menutrisi seperti air putih atau lemon.

sumber : http://www.dailymoslem.com/ramadhan/5-langkah-untuk-menghilangkan-malas-saat-puasa

———

KaLAM FK UGM 1438 H
|Sahabat dalam Kebaikan|

📬Email: kalam.ugm@gmail.com
👥FP: facebook.com/kalamfkugm
📱Line: @pcg1356f
🔔Twitter: @kalamfkugm
🗼Instagram : @kalamfkugm
📺YouTube: KaLAM FK UGM
🌍Website: kalam.fk.ugm.ac.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *