Kata Baik

Bicara soal Dakwah…
Identik dengan kajian, ceramah, ustadz. Benarkah? Hmm, padahal hakikatnya menyeru & saling menasihati dalam kebaikan adal kewajiban setiap insan muslim.

DAKWAH PENA.
Dakwah itu sangatlah luas.
Ada beragam cara dan metode. Salah satunya adalah dengan tulisan. Yups, dengan menulis, sesederhana itu kan? Lantas mengapa kita harus menulis? Kalian tahu, menulis akan membuat kita belajar mengemas segala kebaikan yang kita dapat, menjadi sebuah mutiara nasihat yang manfaatnya akan dirasakan lebih banyak insan. Terlebih bagi kita sendiri. InsyaAllah.

MENULIS BISA MENGUBAH PERADABAN.
Tidak diragukan lagi, faktanya beragam karya di bidang tulis menulis selalu mampu mengguncang dunia & mengubah peradaban sebegitu dahsyatnya. Tidak percaya? Lalu apakah kiranya yang menjadikan ilmu-ilmu para Ulama terdahulu sampai pada kita? Ilmu Fiqh, Hadits, Tafsir, Aqidah, dan begitu banyak ilmu lainnya.. Yup tepat, melalui tulisan dan kitab-kitab mereka para Ulama.

MENGIKAT ILMU dengan MENULIS.
“Ilmu itu bagaikan binatang liar, menulis adalah pengikatnya.” (Imam Syafi’i)

Coba bayangkan… Kitab tafsir yang mencapai puluhan jilid. Satu kitab fiqih yang disyarah puluhan kali. Bahkan banyak dari Ulama kita, jumlah halaman kitab yang ditulisnya melebihi jumlah hari dalam hidupnya. Belum lagi waktu yang mereka gunakan untuk membaca referensi sebelum mereka menulis. Mengulang satu kitab sebanyak 500 kali. Adakah dari kita yang seperti itu?
MasyaAllah 😢 Terbayang betapa barokahnya tiap detik waktu Ulama kita.

YUK, NULIS!
Itulah sekilas gambaran, betapa budaya menulis telah menjadi pondasi peradaban Islam. Pastinya sangat jauh kita jika dibanding para Warisatul Anbiya’ yang jasanya begitu besar bagi umat ini. Namun, apakah kita tak ingin untuk meneladaninya? Ya, setidaknya mencoba semampu kita. Menulis harus jadi kebiasaan, dimulai dari hal kecil lagi sederhana. Yang penting, berpegang pada kandungan makna serta ketulusan dalam niatnya.

So, tunggu apa lagi? #YUKNULIS!

———-

KaLAM FK UGM 1438 H
|Sahabat dalam Kebaikan|

📬Email: kalam.ugm@gmail.com
👥FP: facebook.com/kalamfkugm
📱Line: @pcg1356f
🔔Twitter: @kalamfkugm
🗼Instagram : @kalamfkugm
📺YouTube: KaLAM FK UGM
🌍Website: kalam.fk.ugm.ac.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *