Amalan Sunnah di Hari Jumat #3 : Membaca Surat Al-Kahfi

 

image_01d695eAssalamu’alaikum saudara saudariku seiman yang InsyaAllah di rahmati Allah SWT. di hari jum’at ini,

Nah, pada edisi jum’at kali ini KaLAM akan menjelaskan tentang salah satu amalan sunnah yang dapat dilaksanakan di hari Jumat yaitu membaca Surat Al Kahfi

………..

Salah satu amal ibadah khusus yang diistimewakan pelakasanaannya pada hari Jum’at adalah membaca surat Al-Kahfi, sebagaimana diriwiyatkan dalam hadis hadis berikut ini mengenai keutamaan membaca Surat Al Kahfi di Hari Jum’at,

Dari Abu Sa’id al-Khudri radliyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Selain itu, Berdasarkan Ibnu Umar ra, dimana Rasulullah SAW bersabda: “Siapa pun yang telah membaca surat al-kahfi di hari Jumat, akan terpancar cahaya di bawah kakinya hingga ke langit, yang akan meneranginya nanti di hari kiamat kelak, serta akan diampuni dosa yang dilakukannya antara 2 Jumat.”

Lalu kapan kita disunnahkan untuk membacanya?

Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya. Dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya.

Imam Al-Syafi’i rahimahullah dalam Al-Umm menyatakan bahwa membaca surat al-Kahfi bisa dilakukan pada malam Jum’at dan siangnya berdasarkan riwayat tentangnya. (Al-Umm, Imam al-Syafi’i: 1/237).

Lalu apa sebenernya hubungan antara surat Al-Kahfi dan Fitnah Dajjal?

Manfaat lain surat Al-Kahfi yang telah dijelaskan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah untuk menangkal fitnah Dajjal. Yaitu dengan membaca dan menghafal beberapa ayat dari surat Al-Kahfi. Sebagian riwayat menerangkan sepuluh yang pertama, sebagian keterangan lagi sepuluh ayat terakhir.

Imam Muslim meriwayatkan dari hadits al-Nawas bin Sam’an yang cukup panjang, yang di dalam riwayat tersebut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.”

Dalam riwayat Muslim yang lain, dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” Yakni dari huru-haranya.

Imam Muslim berkata, Syu’bah berkata, “Dari bagian akhir surat al-Kahfi.” Dan Hammam berkata, “Dari permulaan surat al-Kahfi.” (Shahih Muslim, Kitab Shalah al-Mufassirin, Bab; Fadhlu Surah al-Kahfi wa Aayah al-Kursi: 6/92-93)

Imam Nawawi berkata, “Sebabnya, karena pada awal-awal surat al-Kahfi itu tedapat/ berisi keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah. Maka orang yang merenungkan tidak akan tertipu dengan fitnah Dajjal.”

MasyaAllah, betapa besar keutamaan dari membca surat Al Kahfi di hari Jumat. Lalu, sudahkah saudara saudariku seiman mambaca Surat Al Kahfi hari ini? Yuk, kita mulai untuk membaca Surat Al Kahfi agar kita insyaAllah menjadi salah satu irang yang dipancarkan cahayanya dan dilindungi dari fitnah dajjal nantinya. Aamiin.

Sumber : http://m.voa-islam.com mengenai keutamaan membaca Surat Al Kahfi di Hari Jum’at

———-

KaLAM FK UGM 1437 H

|Build Inside, Spread Outside|

📬Email: kalam.ugm@gmail.com

👥FP: facebook.com/kalamfkugm

📱Line: @pcg1356f

🔔Twitter: @kalamfkugm

🗼Instagram : @kalamfkugm

📺YouTube: KaLAM FK UGM

🌍Website: kalam.fk.ugm.ac.id 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *