RIMFA di Desa Binaan

 

Tanggal 18 Juni 2016 kemarin, tepatnya hari ke-13 bulan Ramadhan, panitia RIMFA (Ramadhan in Medical Faculty) dan bidang Pelayanan Umat KaLAM FK UGM mengadakan serangkaian kegiatan di desa binaan KaLAM, tepatnya di RT 26-27-28 Dusun Gondolayu, perkampungan Kali Code.

Serangkaian kegiatan ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, yaitu diawali dengan kegiatan Pasar Murah. Panitia menyediakan 60 paket sembako yang tiap paketnya berisi 1 kg beras, 250 gr garam, 1/2 kg gula pasir, 1/2 liter minyak, dan 1 kotak teh. Paket sembako tersebut dijual dengan setengah harga saja. Dengan adanya pasar murah ini, diharapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya tanpa mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Kegiatan selanjutnya setelah shalat dzuhur yaitu TPA Spesial. Para santri TPA Masjid Al-Hikmah diajak untuk meneladani kisah para nabi melalui film. Film apa saja yang ditampilkan? Ada film kisah Rasulullah & Pengemis Buta, kisah nabi Musa, dan kisah nabi Yunus. Adik-adik santri TPA sangat antusias menonton film-film yang ditampilkan oleh panitia. Selesai menonton film, mereka diminta untuk menceritakan kembali film tersebut di depan panitia dan teman-teman yang lain.

Setelah menonton film, kegiatan TPA diisi dengan lomba menggambar dan mewarnai. Seluruh santri bebas memilih inigin menggambar saja, mewarnai saja, atau pun keduanya. Gambar-gambar hasil dari karya mereka sangat bagus. Mereka sangat kreatif dalam memilih objek apa yang akan digambar, dan juga kreatif dalam memilih warna untuk dibubuhkan di gambar hitam putih yang sudah disediakan oleh panitia.

Kegiatan selanjutnya setelah shalat Ashar, yaitu kajian dan buka bersama masyarakat perkampungan Kali Code. Sebelum kajian dimulai, ada beberapa penampilan dari santri TPA, yaitu tilawah dan hafalan. Mereka membacakan ayat suci Al-Quran di depan bapak-bapak dan ibu-ibu yang menghadiri kajian. Setelah itu, kajian yang dibawakan oleh Ustadz Basuki pun dimulai.

Serangkaian kegiatan RIMFA pada hari tersebut ditutup dengan buka bersama dan pengumuman lomba menggambar dan mewarnai santri TPA Masjid Al-Hikmah.

Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat RT 26-27-28 Dusun Gondolayu perkampungan Kali Code dan santri TPA Masjid Al-Hikmah yang sudah berpartisipasi mengikuti serangkaian kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Aamiin 😊

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *