BERSIN : Keajaiban Ilmiah yang Penuh Berkah

Image_acfb67a

Secara medis, ketika seseorang bersin terjadi peningkatan tekanan perut yang dapat membahayakan ibu hamil, orang yang memiliki bengkak (karena penyakit beri-beri misalnya), hernia umbilikalis, hernia inguinal, dan beberapa kasus penyakit lainnya. Selain itu, ketika seseorang bersin maka terjadi tekanan di dalam otak dan mata. Hal tersebut juga dapat menyebabkan pendarahan internal. Namun, dengan kuasa Allah hal tersebut tidak terjadi dalam banyak kasus. Dia-lah yang menciptakan manusia dalam bentuk yang terbaik.

 

Dr. Ahmad Shawqi Ibrahim, anggota Royal Society of Medicine di London mengatakan bahwa apa yang terjadi ketika bersin, yang didahului proses pengambilan napas mendalam kemudian mengeluarkannya secara tiba-tiba dapat menimbulkan serangkaian perubahan fisiologis (kerusakan pada tubuh manusia) yang sangat rumit dan kompleks.

 

Di balik semua fakta ilmiah tersebut, inilah bukti bahwa ampunan Allah Yang Mahakuasa telah turun kepada manusia. Hal itu juga menyelamatkan manusia dari ancaman kerusakan serius dalam tubuh manusia yang bisa saja terjadi secara mendadak. Oleh karena itu, kita disunnahkan mengucapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah) setelah bersin untuk mengungkapkan terima kasih kepada Allah atas pemberian ini.

 

Dalam sebuah hadits disebutkan : ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata :

“Seorang pria bersin ketika duduk bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, maka ia bertanya, ‘ Wahai Rasulullah, apa yang harus saya katakan ketika bersin?’

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Katakanlah, Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).’

Orang lain yang hadir mengatakan, ‘Lalu, apa yang harus kita katakan padanya?’

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Katakanlah, YarhamukAllah (Semoga Allah merahmatimu).’

Orang itu kemudian bertanya, ‘Jika mereka bilang bergitu kepada saya, apa yang harus saya katakan sebagai jawaban mereka?’

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Katakanlah, Yahdikumullah wa yuslihu baalakum (Semoga Allah membimbing dan memperbaiki kondisimu).”

(HR. Al-Baihaqi dalam Sya’bul Iman)

 

 

Sumber tulisan: Miracles of Al-Quran & As-sunnah karya Dr. Zakir Naik

Sumber gambar : google.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *