Islamic Health Day 2015

 

LATAR BELAKANG

Segala puji bagi Allah subhanahu wa ta’ala, atas segala hidayah dan karunia-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad shalallahu ’alayhi wasalam, keluarga, sahabat dan para pejuang Islam di seluruh dunia.

Islam merupakan rahmat bagi seluruh alam semesta dan seisinya yang bersifat universal, mengatur segala aspek dalam kehidupan, baik dari segi sosial, politik, ekonomi serta ilmu pengetahuan termasuk ilmu kesehatan guna membangun kemakmuran di bumi menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

Agama Islam sangat mengutamakan kesehatan (lahir dan batin) dan menempatkannya sebagai nikmat hidup kedua setelah iman, sebagaimana sabda nabi Muhammad shalallahu ’alayhi wasalam, Mohonlah kepada Allah pengampunan, kesehatan (zhahir batin) dan keyakinan di dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah tidak memberikan kepada seseorang setelah keyakinan (Iman) yang lebih baik daripada kesehatan.” (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah dan Abu Bakar, shahih sanadnya dari lbnu Abbas radhiyallahuanh.

Oleh karena itu, Keluarga Muslim Cendekia Medika (KaLAM) Fakultas Kedokteran UGM 1436 H akan menyelenggarakan kegiatan IHD (Islamic Health Day) yang di dalamnya akan berisi serangkaian acara, yaitu lomba nasyid, lomba poster ilmiah, lomba cerdas cermat, dan seminar kesehatan. Dari serangkaian acara tersebut, terutama seminar kesehatan, diharapkan akan memberikan pemahaman tentang salah satu cara menerapkan ilmu kesehatan yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam.

 

TUJUAN

  1. Meningkatkan syiar ke-Islaman kepada masyarakat secara umum dan kepada para pemuda (mahasiswa) secara khususnya.
  2. Meningkatkan pemahaman ke-Islaman yang dimodifikasi dalam seminar kesehatan kontemporer.
  3. Mempererat tali silaturahim sesama muslim.

 

WAKTU DAN TEMPAT

Hari, tanggal    : Jumat – Minggu, 15 – 17 Mei 2015
Waktu                 : 08.00 – 17.30 WIB
Tempat               : Ruang kuliah RP dan auditorium Ismangoen Fakultas Kedokteran UGM

 

TEMA ACARA
Tema besar yaitu “Etika Kedokteran” dan Seminar “Euthanasia, dari Kacamata Medis dan Agama”

 

KOMPETISI

Berlomba-lomba dalam urusan dunia tampak lebih hits dibandingkan berlomba-lomba untuk mendapatkan Ridho-Nya. Nada mendayu lampias amarah dirasa lebih asik daripada kalimat dakwah. Belajar ilmu dunia barat terlihat lebih menarik dari belajar ilmu akhirat.

Tentu saja karena berprestasi di mata-Nya tidak selalu terpandang mata manusia. Padahal melalui prestasi duniawi tersebut kita mampu menyumbang aspal untuk kemulusan jalan dakwah. Karena sejatinya, jika belajar adalah ibadah maka prestasi adalah dakwah.

Pilihan cabang Lomba:

  1. Lomba Cerdas Cermat LDF UGM
    More info
  1. Lomba Poster “Sehat Ala Islam”
    More info
  1. Lomba Nasyid Pelajar SMA
    More info

Berlomba-lombalah dalam kebaikan (QS 2:148)
Dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba (QS 83:26)

1 Comment

  1. Pingback: _PENGUMUMAN IHD 2015_ | KaLAM FK UGM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *