Musyawarah Wilayah FULDFK DEW 4

 

MUSYAWARAH WILAYAH
FORUM UKHUWAH LEMBAGA DAKWAH FAKULTAS KEDOKTERAN
DEWAN EKSEKUTIF WILAYAH IV
(FULDFK DEW 4)
PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang kepada-Nya tempat kita bergantung dan memohon pertolongan untuk hari kemarin, hari ini, dan hari esok. Hanya dengan rahmat-Nya lah Keluarga Muslim Cendekia Medika (KaLAM) Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) dapat menyelenggarakan Musyawarah Wilayah Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran Dewan Eksekutif Wilayah IV yang bertempat di Kampus FK UGM Yogyakarta.
Musyawarah Wilayah FULDFK DEW 4 yang diselenggarakan oleh KaLAM Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada tanggal 24 November 2013 adalah kegiatan yang mempertemukan mahasiswa kedokteran muslim wilayah Jateng-DIY guna mempererat ukhuwah islamiyah dan mencetak kader dokter muslim yang tangguh sehingga bisa menjawab tantangan jaman.
Kami mengharapkan acara ini dapat mendorong kita supaya lebih berkontribusi lagi di bidang kedokteran dan Islam. Selain itu, inti dari kegiatan ini ialah untuk melihat seberapa besarkah peranan kita sebagai generasi Islam pada umumnya dan generasi yang bergerak di bidang kesehatan pada khususnya sehingga mampu melahirkan generasi-generasi khairul ummah.
Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada peserta dan semua pihak atas partisipasinya dalam acara ini.

LATAR BELAKANG
Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran se-Indonesia (FULDFK) merupakan wadah formal jaringan lembaga dakwah fakultas kedokteran (LDFK) se-Indonesia. FULDFK resmi didirikan di Jatinangor pada hari Ahad, 4 Muharram 1426 H bertepatan dengan hari Minggu, 13 Februari 2005. Adapun aktivitas FUDFK adalah aktivitas keislaman berbasis kompetensi kesehatan.
Motto : Berukhuwah Menjawab Tantangan
Visi : Memperjuangkan Islam demi kemaslahatan umat yang berbasis kompetensi kesehatan.
Misi :
1. Memperkuat ukhuwah LDFK se-Indonesia.
2. Mendorong LDFK untuk lebih profesional dan mapan.
3. Mempersiapkan mahasiswa muslim Fakultas Kedokteran menuju dakwah profesi.
4. Advokasi terhadap kepentingan dakwah dalam bidang kesehatan.
5. Berperan aktif merespon dan membentuk opini masyarakat yang berkaitan dengan masalah kesehatan.
6. Mensosialisasikan Kedokteran Islam kepada masyarakat.
7. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang ada baik medis maupun nonmedis dalam skala nasional maupun internasional.

Lembaga dakwah formal yang berdiri di berbagai fakultas kedokteran di Indonesia merupakan pengusung terdepan kegiatan dakwah yang berbasis akademis dan profesi kedokteran. Kian hari, tuntutan untuk meningkatkan profesionalisme lembaga pun semakin meningkat. Hal ini memeang telah menjadi sebuah keharusan sekaligus menjadi sebuah syarat mutlak untuk menjadikan dakwah fakultas maju, berkualitas, dan terdepan dalam mengemban visi dan misi dakwah.
Dengan bergabungnya berbagai lembaga dakwah fakultas kedokteran di Indonesia dalam Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran se-Indonesia diharapkan dapat menjadi sebuah titik awal yang nantinya akan menuntun perjalanan dakwah sehingga berjalan sinergis dan profesional. Tak hanya itu, kedepannya juga diharapkan adanya optimalisasi setiap lembaga dakwah fakultas dalam beraktivitas dan berkreativitas.

Diperlukan suatu persiapan yang matang agar para calon tenaga medis muslim ini mampu menjalankan profesinya kelak secara optimal. Persiapan ini seharusnya dimulai sejak di bangku kuliah, sehingga nantinya ketika memasuki dunia kerja para calon dokter ini tidak hanya mengedepankan ilmu pengetahuan umum tetapi juga diimbangi dengan ilmu pengetahuan yang berbasis Islam.

Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa mengetahui segala aspek yang tercakup dalam persiapan tersebut sejak dini. Dan salah satu sarana yang sangat strategis adalah dengan menyelenggarakan satu kegiatan yang mampu mempertemukan mahasiswa muslim kedokteran di Indonesia khususnya wilayah JATENG-DIY supaya dapat berkontribusi aktif dalam menciptakan generasi khairu ummah.

Deskripsi Kegiatan
Kegiatan Musyawarah Wilayah FULDFK DEW 4 akan dilaksanakan dalam satu hari, acara akan diawali dengan tausiyah, kemudian dilanjutkan dengan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) tiap departemen di kepengurusan FULDFK DEW 4 periode 2012/2013. Selanjutnya akan ada pemilihan Ketua FULDFK DEW 4 periode 2013/2014.

Tujuan Kegiatan
Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah :
1. Menjalin dan mempererat ukhuwah islamiyah antar mahasiswa muslim fakultas kedokteran FULDFK DEW 4.
2. Melakukan evaluasi kinerja pengurus FULDFK DEW 4 Indonesia periode 2012/2013.
3. Membentuk dan menetapkan susunan kepengurusan FULDFK DEW 4 Indonesia masa jabatan 2013/2014.
4. Menjaga dan meningkatkan ukhuwah dan kerjasama aktif yang telah terbentuk.
5. Mempublikasikan FULDFK secara luas

Sasaran Kegiatan
Delegasi dari Lembaga Dakwah Kampus yang tergabung dalam Forum Ukhuwah LembagaDakwah Fakultas Kedokteran Dewan Eksekutif Wilayah IV (FULDFK DEW IV), yaitu:
1. CMIA, Universitas Islam Indonesia (UII)
2. KaLAM, Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. SKIF Al- Jundi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
4. SKI FK, Universitas Sebelas Maret (UNS)
5. FSIKI, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
6. BAI, Universitas Islam Sultan Agung (Unissula)
7. Rohisku, Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP)
8. HMMK, Universitas Negeri Jenderal Soedirman (Unsoed)
9. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)
10. Madani,Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus)
11. Universitas lam (Unlam)
12. Universitas Mulawarman (Unmul)

Waktu dan Pelaksanaan
Hari, tanggal : Ahad, 24 November 2013
Waktu : 07.00 – selesai
Tempat : Ruang Kuliah Lt. 2 FakultasKedokteran UGM

Hasil Yang Diharapkan
1. Terlaksananya kegiatan dengan baik dan lancar.
2. Meningkatnya pengetahuan dan kepedulian terhadap perkembangan kedokteran Islam.
3. Terciptanya kebersamaan dalam ikatan persaudaraan FULDFK DEW IV.
4. Terbentuknya kepengurusan FULDFK DEW IV periode 2013/2014.

Proposal Musywil dapat dilihat dengan mengklik

Formulir Pendaftaran Musyawarah Wilayah DEW IV 2013 bisa diisi disini https://docs.google.com/forms/d/1WE-Xon4GjiS3timxiMRtk_ZY90Sl9w1E33O0OsJv3tY/viewform
Batas Pendaftaran 20 November 2013

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *