Fiqh Kedokteran

Allah telah menciptakan alam semesta ini dengan meletakkan di dalamnya berbagai macam rahasia yang berupa makhluk, hukum-hukum, sifat-sifat, kekhususan-kekhususan, dan berbagai macam warna-warni lainnya. Allah juga telah menciptakan manusia, lalu diberi alat untuk menyerap pengetahuan dan menyingkap kebodohan, yaitu berupa akal.

Kemudian dilengkapi dengan panca indera dan anggota badan sebagai pasukan untuk menjalankan apa yang dipikirkan oleh akal. Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak menciptakan sesuatu kecuali menjadikan baginya berbagai macam sarana yang multi fungsi, dimana di satu sisi dapat digunakan untuk kebaikan dan di sisi lain dapat digunakan untuk kejahatan.

Untuk itu, Allah menyeru manusia agar dia menggunakan sarana itu untuk kemaslahatan dan kebahagiaan dirinya serta menjauhkannya dari segala sesuatu yang dapat menghancurkan dan membinasakannya. Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah untuk meluruskan kehidupan manusia, oleh karena itu Islam berperan pula dalam mengatur segala sesuatu yang ditemukan oleh manusia, baik yang berkaitan dengan hukum-hukum, cara-cara mengambil manfaat darinya, maupun cara-cara berinteraksi dengannya.

Pada zaman sekarang, pengetahuan dan penemuan manusia telah menyebar luas di segala bidang, khususnya dalam bidang ilmu-ilmu kealaman, dan tidak dapat dipungkiri bahwa penemuan rahasia alam dan hukum-hukumnya ini sangatlah penting, karena dengan penemuan-penemuan itu akan semakin terbentang luas di hadapan manusia berbagai macam alternatif dan pilihan-pilihan yang sesuai dengan kehendaknya.

Tetapi kebahagiaan manusia tidak dapat diukur hanya dengan kualitas pengetahuan dan banyaknya ilmu yang diperolehnya saja, melainkan untuk apa ilmu pengetahuan itu digunakan dan membuahkan apa ilmu pengetahuan itu bagi kehidupan manusia.

Salah satu bidang ilmu yang sangat berbahaya bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan eksperimentasi manusia adalah bidang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan jiwa dan raga manusia, karena manusia telah dijadikan Allah sebagai pemeran peradaban di muka bumi.

Bidang kedokteran adalah salah satu bidang penting yang perlu mendapat perhatian dalam pembahasan ilmiah secara mendasar. Problematika kedokteran kian kompleks apalagi jika dihadapkan dengan hukum Islam, sehingga harus dipertimbangkan matang-matang sebelum memutuskan bolah tidaknya melakukan suatu tindakan medis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *